Cara mengatasi Komputer atau laptop yang Error atau Blue screen

Cara mengatasi Komputer atau laptop yang Error atau Blue screen Pernahkah Komputer atau laptop anda tiba-tiba saja mucul pesan eror atau layar tiba-tiba berwarna biru dan menampilkan tulisan dalam bahasa inggris yang mengatakan kalau komputer anda terjadi crash di sistem operasi yang anda gunakan. hal tersebut dinamakan "Blue Screen Of Death (BSOD)" dan terjadi karena adanya kritikal error pada sistem operasi windows yang anda gunakan yang menyebabkan seluruh aplikasi yang saat itu dijalankan harus dihentikan. kali ini saya akan membahas cara agar anda dapat mengatasi hal tersebut dan memperbaiki Komputer atau laptop anda sehingga berjalan seperti semula, berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan.



Bagi anda yang baru menggunakan Komputer atau laptop, hal ini tentu saja sangat menjengkelkan dan membuat panik anda. tetapi tenang saja.hal tersebut masih dianggap bisa di perbaiki dengan cara yang mudah dan beberapa kasus yang saya jumpai hal tersebut bisa diperbaiki walaupun tanpa harus pergi ke tempat servis center.

Pertama-tama jika anda menjumpai permasalahan seperti yang akan saya bahas ini yaitu tentang menghadapi Bluescreen saya sarankan anda untuk bertenang dan jangan panik. sehingga dapat dengan mudah memahami tips yang akan saya beri ini. jangan langsung beranggapan bahwa Komputer atau laptop anda sudah rusak parah.

langkah paling sederhana yang dapat anda lakukan pada Komputer atau laptop anda adalah cukup dengan merestart Komputer atau laptop anda dan tunggu hingga Komputer atau laptop anda melakukan Booting ulang atau Reboot, jika komputer masih terjadi Bluescreen anda jangan panik, coba anda tekan tombol power di Komputer atau laptop anda sampai Komputer atau laptop anda benar-benar mati atau off, lalu anda coba untuk menghidupkan kembali Komputer atau laptop anda dan tekan F8 saat Booting lalu tunggu sampai anda masuk di jendela Booting, lalu anda pilih Booting dengan Safe Mode, lalu sistem operasi windows anda akan booting dengan Safe mode atau biasa disebut mode aman.

lalu anda akan berada di menu windows Safe mode yang hanya menampilkan layar hitam serta menu warna putih,lalu langkah yang harus anda lakukan adalah klik start windows kemudian pilih control panel > System and security > Action center > Recovery > open system restore > next > next > Finish > Yes. lalu Komputer atau laptop anda akan restart otomatis atau dengan sendirinya,dan akan melakukan Reboot ulang dan masalah anda akan terselesaikan di bagian ini.

lalu jika Komputer atau laptop anda masih mengalami Bluescreen maka anda harus mengambil langkah yang lebih jauh yaitu dengan cara PERBAIKI SISTEM OPERASI WINDOWS yang anda gunakan.

bisa saja Komputer atau laptop yang anda gunakan mengalami file system yng corrupt atau rusak jadi anda harus melakukan perbaikan file yang corrupt dengan menggunakan DVD sistem operasi windows anda,jika masalah itu belum teratasi maka anda harus memeriksa perangkar Hardware yang terpasang di Komputer atau laptop anda, bisa saja perangkat Hardware di Komputer atau laptop anda mengalami kerusakan seperti misalnya RAM laptop anda yang rusak atau berdebu. anda bisa membaca artikel saya tentang

 cara merawat RAM laptop dengan baik agar terhindar dari kerusakan

sehingga Ram anda menjadi tahan lama,jika pada RAM anda tidak terjadi masalah maka bisa saja kerusakan terjadi di Harddisk komputer atau laptop anda,anda bisa membaca artikel saya tentang 

Tutorial merawat harddisk dengan benar dan baik

agar harddisk anda menjadi awet dan tahan lama.jika masalah anda masih belum teratasi maka sebaiknya anda membawa komputer atau laptop anda ketempat service center di tempat anda.

sekian tips yang dapat sya bagikan dalam artikel saya kali ini yang berjudul Cara mengatasi Komputer atau laptop yang Error atau Blue screen, semoga membantu anda dan resiko ditanggung anda sendiri. sekian dan terima kasih sudah membaca.


Comments