Pertanyaan seputar RAM dan jawabannya






1.       SARAH  : Cara kerja SDRAM  dan contohnya

Jawab : SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
– Type RAM yg dibuat pada tahun 1996. SDRAM merupakan RAM yg sangat legendaris, dan mampu bertahan lama dalam perkembangan system komputer. Sesuai dengan namanya SDRAM mempunyai term Synchronous Dynamic, yaitu kemampuan RAM untuk menyamai clock dengan clock processor. Jika clock RAM dan processor sama, maka system komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar. Karakteristik teknis SDRAM memiliki 168-pin, 3.3V & FSB 100/133 MHz. Saat ini SDRAM sudah tidak dipakai lagi oleh platform komputer, terakhir digunakan pada Pentium 4 versi generasi pertama. Tipe-tipe SDRAM : SDRAM 32, 64, 128, 256, 512MB PC100/133.
2.       Ayi : perbedaan memori  DDR 1 – 4
Jawab:
Berikut ini tabel perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 :
DDR SDRAM Standard
Bus clock (MHz)
Internal rate (MHz)
Prefetch (min burst)
Transfer Rate (MT/s)
Voltage
DIMM pins
SO-DIMM pins
MicroDIMM pins
DDR
100–200 
100–200
2n
200–400 
2.5/2.6
184
200
172
DDR2
200–533
100–266
4n
400–1066
1.8
240
200
214
DDR3
400–1066
100–266
8n
800–2133
1.5
240
204
214
DDR4
1066–2133
100–266
8n
2133–4266
1.05/1.2
288
256


3.       Kelompok  kami

4.       Wiwik   : Mengapa ram sangat penting dan apa saja yang terjadi jika komputer tidak memiliki ram  

Jawab : karena ram adalah tempat pusat  penyimpanan sementara, sebelum di teruskan ke hardisk. Jika tidak ada ram maka komputer  tidak akan hidup karena pemrosesan data tidak dapat dilakukan atau dengan kata lain layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa.



5.       Bowo  :   jelaskan apa yang di maksud dengan memori dan jenis pembagiannya.


Jawab :      Memori adalah bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori merupakan bagian yang penting dalam computer dan letaknya di dalam CPU.



Jenis pembagiannya yaitu:
a.       Memori Internal
          Memori jenis ini dapat diakses secara lansung oleh processor. Memori ini memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini hal yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Memori internal biasa terbagi menjadi 2 macam : ROM dan RAM. Selain itu terdapat pula memori yang disebut CHACE MEMORI, CMOS, DRAM, SDRAM, DIMM .
b.      Memori Eksternal
         Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contohnya : Herdisk,Floppy Disk dll.


6.       Mimi   :  penyebab ram yang besar tidak terbaca di komputer


Jawaab : karena sebagian komputer masih memiliki sfesifikasi yang rendah dan jika di pasang RAM yang berkapasitas besar, maka komputer tidak bisa memprosesnya sehingga tidak terbaca di sistem komputer.


7.        Vira  :  Jelaskan cara kerja memori  pada  komputer

Jawab :  di laptop
Memori adalah sistem perangkat yang menyimpan data atau program pada komputer elektronik digital. Penyimpanan mungkin saja sifatnya sementara ataupun permanen, tergantung pada frekuensi pengambilan data.
   Memori komputer bekerja melalui proses yang saling berhubungan antara RAM dan ROM dengan CPU atau Central Processing Unit sebagai mediator. Tahap pertama dari penyimpanan hard disk, yang disebut memori virtual. Ini adalah salah satu yang menyediakan sejumlah besar ruang dan juga murah. Dalam banyak kasus, Anda mungkin menemukan bahwa pada akhirnya dengan menggunakan, Anda perlu menambah memori dari komputer Anda. Anda tentu saja dapat menggunakan hard disk eksternal atau drive USB kustom menyedot data yang bersangkutan, tetapi orang cenderung untuk membeli memori dan memilikinya ditambahkan pada laptop mereka atau desktop untuk membuatnya berfungsi lebih cepat dan lebih efisien. Berdasarkan seberapa cepat RAM Anda adalah komputer Anda melakukan lebih baik membaca / menulis fungsi pada RAM bervariasi dan datang dalam berbagai bentuk seperti DRAM, SDRAM, RAMBUS dan sebagainya. Komputer adalah perangkat yang kompleks berfungsi pada tingkat yang sangat sederhana.

8.       Ovi  :  Apa yang perlu di perhatikan saat memilih ram dan apa saja yang ada di dalam ram
Jawab :
  •  Harus memiliki seri dan spesifikasi yang sama.
  • Kecepatan Frekuenzi harus sama
  • Usahakan memiliki kapasitas yang sama.
  • Usahakan memiliki merk yang sama.
  • Harus memiliki interfaces yang sama
  • Tidak berlaku jika RAM anda hanya satu.
  • Motherboard dan Processor harus mendukung.


Bagian komponen RAM :



1. Chip kecil yang terletak di pojok kanan atas berfungsi untuk menyimpan informasi serial presence detect, yaitu keterangan konfigurasi standar dari modul memory yang bisa dideteksi secara otomatis oleh Motherboard (setting konfigurasi bisa dilakukan di BIOS). 


·         2. Di bagian ujung kiri dan kanan ada bagian berlubang lagi diatasnya.
Lubang ini berfungsi sebagai tempat kait pengunci modul memory pada SLOT RAM di Motherboard.

3. Yang ditandai ini adalah salah satu CHIP dari beberapa deretan CHIP memory dari sebuah modul RAM. Penempatannya bisa berjejer di satu sisi (single side) atau kedua sisi modul (double side), biasanya yang beredar umumnya di Indonesia pada beberapa modul RAM, CHIP yang berderet ini berjumlah sebanyak 8 IC & 16 IC.

4. Pada suatu tempat di bagian konektor, ada lubang kecil yang disebut sebagai
notch. Lubang ini berfungsi untuk mencegah modul memory ditempatkan di slot yang tidak pas/pada tempatnya (misalnya jenis DDR2yang coba dipasang di slot memory untuk jenis DDR3). Letak Notch berbeda-beda, bergantung pada jenis RAM nya. Jenis memory yang bisa dipasangkan di Motherboard anda adalah yang memiliki notch yang cocok dengan slot memory di Motherboard.

5. Bagian paling bawah dari modul RAM ini adalah konektor yang ditancapkan ke slot memory di Motherboard, kaki2 seperti pin berwarna seperti tembaga ini cukup sensitif terhadap kotoran dan bila terlalu kotor maka modul RAM terkadang tidak terbaca di BIOS atau suka ada BSOD di sistem OS nya, bila konektor ini kotor kita bisa membersihkannya dengan menggosokkan karet penghapus dan bersihkan sisa serpihan penghapus dengan kain berserat halus yg terbuat dari katun.




9.        Jumi :  apa yang terjadi  jika ada  2 ram di komputer dan di cabut salah satunya


Jawab :  tidak terjadi apa-apa selama kapasitas RAM yang tersisa masih mampu memproses data sementara sebelum dikirim ke harddisk, walaupun kinerja komputer akan sedikit melambat

10.   Syukur :  jelaskan letak memori chace, dan jelaskan  di lakukan memori chace


Jawab : Letak Cache Memory di komputer
  • Terdapat di dalam Processor (on chip ),Cache internal diletakkan dalam prosesor sehingga tidak memerlukan bus eksternal, maka waktu aksesnya akan sangat cepat sekali.
  • Terdapat diluar Processor(off chip), Berada pada MotherBoard memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat cepat,meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama


11.   Putra :  tanda kerusakan pada sebuah RAM  dan cara memperbaikinya



Jawab :    1. Saat dinyalakan, komputer nampak berjalan dengan baik. Namun, saat mulai 
memakainya, Anda mungkin akan merasakan kinerja komputer semakin menurun.
3. Layar komputer berkedip dengan layar biru dengan teks putih sebelum restart.
Upaya Anda untuk menginstal sebuah program baru berulang kali gagal karena alasan yang tidak diketahui

Cara mengatasi :

Ciri - Ciri RAM Rusak Error:
1. Komputer tidak bisa booting sama sekali
2. Komputer mengeluarkan bunyi beep saat pertama kali komputer dinyalakan
3. komputer sering restart atau hang crash dengan sendirinya
4. Komputer akan secara tiba-tiba menjadi blue screen
5. Komputer sering shutdown dengan sendirinya 





. Tegangan Listrik yang tidak stabil
Permasalahan tegangan listrik memang menjadi sumber kerusakan pada memory RAM yang sering dialami para pengguna komputer, dimana saat sobat asik mengerjakan sesuatu dikomputer anda maka secara tiba-tiba listrik mati maka secara tidak langsung system yang sedang berjalan akan mati secara tiba-tiba dan system komputer kaget karena tidak ada perintah untuk mematikan, maka yang akan terkea dampak dari tegangan listrik yang tidak stabil yaitu memory RAM dan hardisk.

Cara Mengatasinya : Dengan menggunakan power supply atau UPS. dengan menggunakan power supply atau UPS paling tidak jika tegangan listrik dirumah sobat tidak bagus maka tegangan di UPS atau power supply akan menyimpan daya listrik sehingga tidak akan lengsung mati tetapi menyimpan beberapa menit untuk melakukan mematikan komputer secara prosedur.

2. Slot Memory atau Kuningan RAM kotor dan berdebu
Permasalahan pada RAM yang kotor juga sering kita alami dimana casing pada komputer dibiarkan terbuka lebar sehingga debu dan kotoran akan masuk ke memory RAM. Slot RAM dan RAM yang berdebu bisa saja menyebabkan komputer sobat menjadi crash dan hang karena RAM berhenti bekerja sehingga juga akan menyebabkan korslet pada mainboard.

Cara Mengatasinya : Bersihkan memory RAM dengan menggunakan penghapus karet. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok-gosokan pada kuningan tembaga pada memory RAM yang terlihat kotor secara merata. 

3. Overclocking atau Memaksa kinerja RAM
Permasalahan ini biasanya dialami para gamer atau penggila game untuk mendapatkan memory RAM yang lebih dan melampaui dari kapasitas memory RAM sebenarnya, resiko dari overcloking yaitu akan mempercepat kerusakan pada memory RAM. dengan menggunakan overclocking maka memory RAM akan sangat cepat panas dan menyebabkan memory menjadi rusak error.
Cara Mengatasinya : Beli RAM yang besar sehingga komputer tidak perlu di overclocking sehingga RAM tidak cepat panas dan dapat membuat RAM menjadi bagus kinerjanya.

Dengan mengikuti dan mengetahui penggunaan memory RAM yang sobat gunakan secara semestinya maka dapat dipastikan komputer sobat akan menjadi awet dan tidak cepat rusak.




Comments