Tutorial Memperbaiki Flash Disk Yang Error atau Bermasalah secara lengkap

Kali ini saya akan berbagi tips langkah-langkah memperbaiki Flash Disk yang bisa disebabkan karena kerusakan Software (bisa karena Virus maupun ukuran FD 0 Kb). Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut misalnya seperti memulai dari tahap Format menggunakan tools tambahan sampai pada tahap Flashing Device Flash Disk.


1. FORMAT FLASHDISK TOOL TAMBAHAN
Pada beberapa kasus Flash Disk yang berukuran 0 byte, agar kembali normal dan bisa dengan mudah di perbaiki anda bisa mencoba menggunakan tools HP USB Disk Storage Format ( download) Anda bisa menggunakan Tools ini sebelum mencoba cara selanjutnya.


2. MELAKUKAN LOW LEVEL FORMAT
Cara selanjutnya adalah melakukan low level format. Langkah ini bisa anda coba jika gagal dilangkah pertama tadi, lain dari itu indikasi atau gejala kerusakan yang dapat diperbaiki adalah sebagai berikut.

Properties Flashdisk terbaca 0 byte.
Muncul pesan "Please insert a disk into drive x:" 
Muncul pesan "Device media is write-protected" 
Muncul pesan "There is no media in the specified device"

Gunakan salah satu dari tools-tols dibawah ini untuk me-repair

Kumpulan tools diatas cara penggunaannya hampir mirip dengan pengoperasian Format Pada Sistem Operasi Windows, jadi tidak perlu lagi saya jelaskan cara kerjanya ya, cukup dengan melakukan instalasi kemudian jalankan aplikasi sesuai petunjuk yang ada.

3. MELAKUKAN FLASHING ROM FLASHDISK
Jika kedua cara diatas belum juga menemui hasil, solusi terakhir adalah melakukan flashing ROM Flash Disk, langkah-langkahnya cukup mudah. Dengan bermodalkan tools identifikasi device Flashdisk dan ROM file untuk melakukan Flashing, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Gunakan USBVIEW (download) untuk membaca device Flashdisk. Setelah tools selesai di unduh cabut terlebih dahulu semua Flashdisk yang terpasang, dan masukan Flashdisk (error) yang akan diperbaiki. Buka Aplikasi tadi, tampilannya nampak seperti gambar dibawah ini.

Lanjutkan dengan membuka laman FLASHBOOT.RU ( download)
Masukan idVendor dan idProduct Flashdisk pada box yang berada di VID & PID

Setelah didapatkan hasil pencarian, catat tools Utilities yang bisa digunakan untuk melakukan Flashing.

Lanjutkan dengan membuka List Tools ( download ) dan masukan nama tools untuk proses Download.

Setelah di unduh, lakukan proses Flashing dengan tools yang ada sesuai petunjuk. finish.

Keterangan :
Tips ini tidak berlaku bagi FlashDisk yang rusak secara fisik seperti FlashDisk yang rusak karena terbakar, jatuh, ataupun tertindih benda keras atau lainnya yang mengakibatkan FD dalam keadaan cacat secara fisik.
Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan yang berjudul Tutorial Memperbaiki Flash Disk Yang Error atau Bermasalah secara lengkap silahkan dicoba bertahap dimulai dari cara yang pertama jika belum berhasil ikuti langkah selanjutnya, semoga permasalah yang anda alami diflashdisk anda saat ini bisa teratasi dengan mudah,semoga membantu dan terima kasih.

Comments